PROFIL
SMP MTA GEMOLONG
BAGIAN I
PENDAHULUAN
- IDENTITAS
1. Nama Sekolah : SMP MTA Gemolong
2. Status : Terakreditasi A
SK Ketua BAS Kab. Sragen, tertanggal 26 April
2004
No. : 047.06.40.Dp
3. Alamat : Desa Gemolong Rt 02 Rw III, Kec. Gemolong,
Kab. Sragen
4. Tahun Berdiri : 1993
– Akreditasi I Th 1997
– Akreditasi II Th. 2004
- LATAR BELAKANG
Pada tahun 1987 Yayasan Majlis TAfsir Al Qur’an mendirikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yaitu SMA MTA dengan tujuan membina dan mendidik generasi muda di tingkat SMA yang selain menggunakan kurikulum Depdiknas pelajar-pelajarnya dibina dan dididik secara Islami.
Setelah ± 7 tahun membina dan mendidik pelajar di SMA ternyata banyak mengalami kendala atau masalah-masalah yang mana masalah-masalah tersebut banyak terbawa dari masa sekolah di tingkat sebelumnya yaitu SMP.
Untuk mempersiapkan sejak dini agar anak didik di SMA tidak mengalami hambatan-hambatan perlu diselenggarakan pembinaan /pendidikan di tingkat sebelumnya. Maka pada tahun 1993 dirintislah pendirian SMP MTA Gemolong oleh Yayasan Majlis Tafsir Al Qur’an sebagai wujud peran aktif yayasan dalam ikut serta mensukseskan program wajar 9 tahun yang dicanangkan oleh pemerintah.
- TUJUAN PENDIRIAN SEKOLAH
Mendidik dan mengajar siswa agar mempunyai kepribadian yang dilandasi iman dan taqwa yang diwujudkan dalam amal sholeh dan akhlaqul karimah berdasarkan nilai-nilai Islami, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa agar mampu berfikir, bernalar, peka terhadap lingkungan, berjiwa meredeka, demokratis dan kreatif.
D. STATUS AKREDITASI
Pada tahun 1997 untuk pertama kalinya SMP MTA Gemolong melaksanakan akreditasi. Berkat kerja keras segala unsur yang terkait dalam civitas akademika sekolah. Alhamdulillah, dapat membuahkan hasil yang menggembirakan. Baru satu tahun berstatus “TERCATAT”, maka berdasar SK Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah nomor : 0142/IO3/I/97 tanggal 31 Maret 1997 SMP MTA Gemolong mendapat jenjang akreditasi “DISAMAKAN”. Peningkatan jenjang akreditasi dari tercatat langsung disamakan tanpa melewati diakui.
Selanjutnya pada tanggal 11 Januari 2004 dilaksanakan akreditasi yang ke II dengan hasil Terakreditasi A berdasarkan SK Ketua BAS Kab. Sragen tertanggal 26 April 2004 dengan Nomor Seri 047.06.40.DP.
BAGIAN II
DASAR PENDIDIKAN
A. DASAR FILOSOFI
Pendidikan dan pengajaran di SMP MTA Gemolong diarahkan pada pembentukan manusia seutuhnya berdasarkan nilai-nilai agama Islam yang bersumber pada Al Qur’an dan Sunah Rasul serta dasar negara Pancasila dan UUD 1945.
B. VISI, MISI DAN TUJUAN
1. Visi Sekolah
TERWUJUDNYA GENERASI YANG ISLAMI DAN BERPRESTASI
Indikator
a. Meningkatnya iman dan taqwa kepada Allah SWT
b. Meningkatnya kepribadian berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam dalam keseharian
c. Semua siswa mampu baca tulis Al Qur’an (BTA)
d. Berprestasi dalam lomba bidang akademik
e. Berprestasi dalam lomba bidang non-akademik
f. Dimilikinya pengetahuan dan keterampilan
g. Bertambahnya sarana dan prasarana pendidikan
2. Misi Sekolah
a. Melaksanakan proses pembelajaran dengan kurikulum nasional dan keagamaan secara efektif sehingga siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi dirinya.
b. Mengadakan pembinaan keagamaan secara kontinu agar anak dapat membiasakan nilai-nilai agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.
c. Mengadakan pembinaan baca tulis Al Qur’an
d. Menyelenggarakan pembinaan dan bimbingan team lomba/olympiade.
e. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat siswa dengan sarana prasarana yang disiapkan.
f. Mengadakan kebutuhan sarana prasarana secara bertahap dan berkesinambungan.
g. Menerapkan manajemen partisipasi, delegatif secara transparan dalam pengelolaan sekolah demi keberhasilan tujuan sekolah.
3. Tujuan Sekolah
Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang, maka tujuan yang akan dicapai dibatasi pada kurun waktu 5 tahun mendatang yaitu
pada akhir tahun pelajaran 2009/2010.
a. Terwujudnya siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
b. Terwujudnya kepribadian siswa berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam
c. Terwujudnya siswa yang mampu Baca Tulis Al Qur’an (BTA)
d. Tercapainya rerata hasil Ujian Nasional dengan GSA 0,30
e. Terwujudnya siswa yang mampu berbahasa inggris dan arab secara aktif
f. Termasuk 5 besar peringkat sekolah ditingkat Kabupaten.
g. Tercapainya kejuaraan lomba bidang akademik ditingkat kabupaten dan propinsi
h. Tercapainya kejuaraan lomba bidang non akademik ditingkat kabupaten dan propinsi
i. Terwujudnya tambahan ruang pembelajaran
j. Mewujudkan keramik lantai di semua ruang
k. Tercapainya keterampilan siswa dalam bidang Komputer
l. Terwujudnya siswa putri memiliki keterampilan menjahit
m. Terwujudnya siswa putri memiliki keterampilan elektronika
C. PROGRAM STRATEGIS DALAM PENCAPAIAN TUJUAN SEKOLAH
1. Melengkapi sarana dan prasarana keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT
2. Mengadakan pembinaan siswa dengan pengajian dan BTA
3. Mengefektifkan PBM, menambah jam pembelajaran dan evaluasi (Try out)
4. Meningkatkan pembinaan team lomba akademik bidang MIPA dan Bahasa
5. Meningkatkan pembianaan team lomba non akademik melalui ekstrakurikuler (Olahraga dan Pramuka)
6. Melengkapi sarana prasarana pembelajaran
7. Meningkatkan keterampilan siswa dalam bidang computer, menjahit dan elektronika
D. STRATEGI PELAKSANAAN
1. Mendirikan Masjid tempat beribadah dan asrama siswa/santri
2. Melaksanakan kajian agama bersumber Al Qur’an dan Al Hadits
3. Meningkatkan ketertiban dan kedisiplinan dalam layanan Proses Belajar Mengajar dengan menambah jam pelajaran terutama mata pelajaran yang diujikan secara nasional
4. Melaksanakan pembelajaran BTA
5. Melaksanakanpembinaan team lomba akademik bidang MIPA dan bahasa dengan les dan try out
6. Melaksanakan pembinaan lomba non akademik melalui ekstrakurikuler
7. Mengadakan ruabng pembelajaran untuk laboratorium keterampilan dan laboratorium bahasa
8. Melaksanakan pembelajaran keterampailan computer
9. Melaksanakan pembelajaran keterampailan menjahit
10. Melaksanakan pembelajaran keterampailan elektronika
E. OUT PUT YANG DIHARAPKAN
- Terbentuknya siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
- Terbentuknya kepribadian siswa yang mantap bidang aqidahm ibadah dan aklaqul karimah
- Terwujudnya kemampuan siswa di bidang BTA (Baca Tulis Al Qur’an)
- Tercapainya peningkatan rerata hasil Ujian Nasional dengan GSA 0,30
- Tercapainya 5 besar peringkat sekolah tingkat Kabupaten
- Adanya siswa yang menjadi juara I tingkat Kabupaten bidang akademik dan maju ke tingkat propinsi
- Adanya siswa yang menjadi juara I tingkat Kabupaten bidang non akademik dan maju ke tingkat propinsi
- Terwujudnya masjid yang representative
- Terwujudnya ruang laboratorium ketrampilan dan bahasa
- Terwujudnya lantai keramik di setiap ruang
- 90 % siswa putri dapat menjahit pakaian tingkat terampil
- 90 % siswa dapat membuat adaptor, lampu plip-plop dan amplifier
- 95 % siswa dapat menguasahi keterampilan computer program aplikasi MS Word, Excel dan Power Point
F. PROGRAM PENGEMBANGAN TAHUN 2007/2008
- Penambahan RKB
- Pengadaan Laboratorium Bahasa
- Pembentukan kelas unggulan
- Usulan menjadi SSN (Sekolah Standar Nasional)
G. KURIKULUM
1. Kurikulum yang dimiliki SMP MTA Gemolong adalah :
a. Kurikulum Nasional
1) Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)/Kurikulum 2004
b. Kurikulum selain Kurikulum Nasional / hasil implementasi :
1) Kurikulum Muatan Lokal
2) Kurikulum diniah / Agama
H. KESISWAAN
1. Data Siswa 3 tahun terakhir
Th Pel. |
Jml Pendf (Cln. Siswa Baru) |
Kelas I |
Kelas II |
Kelas III |
Jml Total |
|||
Jml Siswa |
Rombel |
Jml Siswa |
Rombel |
Jml Siswa |
Rombel |
|||
05/06 |
287 |
254 |
6 |
277 |
7 |
305 |
8 |
836 |
06/07 |
344 |
298 |
8 |
234 |
6 |
268 |
7 |
800 |
07/08 |
322 |
298 |
8 |
278 |
8 |
230 |
7 |
806 |
2. Statistik Sekolah/Hasil Kelulusan
No. |
Th Pel |
Peser ta |
Lu lus |
% |
Tdk Lulus |
% |
NTT |
NTR |
RT |
Pering kat |
1. |
97/98 |
264 |
264 |
100 |
0 |
0 |
45,19 |
31,15 |
37,44 |
9 |
2. |
98/99 |
276 |
276 |
100 |
0 |
0 |
50,66 |
26,99 |
38,46 |
5 |
3. |
99/00 |
248 |
248 |
100 |
0 |
0 |
47,33 |
27,26 |
35,84 |
7 |
4. |
00/01 |
255 |
252 |
98,8 |
3 |
1,2 |
46,79 |
27,41 |
36,27 |
– |
5. |
01/02 |
251 |
251 |
100 |
0 |
0 |
47,11 |
27,49 |
34,63 |
– |
6. |
02/03 |
254 |
254 |
100 |
0 |
0 |
106,48 Rt 8,87 |
73,60 Rt 6,13 |
84,23 Rt 7,02 |
– |
7. |
03/04 |
284 |
284 |
100 |
0 |
0 |
108,67 Rt 9,05 |
60,75 Rt 5,06 |
84,94 Rt 7,08 |
7 |
8. |
04/05 |
254 |
254 |
100 |
0 |
0 |
|
|
|
|
9. |
05/06 |
303 |
284 |
93,7 |
19 |
6,27 |
|
|
|
|
10. |
06/07 |
265 |
255 |
96,23 |
10 |
3,77 |
|
|
|
|
I. KETENAGAAN
1. Jumlah Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi |
Jumlah |
Persen |
Doktor (S-3) |
– |
|
Magister (S-2) |
– |
|
Sarjana (S-1) |
32 |
62,75 % |
Sarjana Muda (D-III) |
6 |
11,76 % |
Diploma II (D-II) |
3 |
5,88 % |
Diploma I (D-I) |
– |
– |
SLTA |
10 |
19,61 % |
Total |
51 |
100 % |
2. Jumlah Guru Berdasarkan Status
Kualifikasi |
Jumlah |
Persen |
Guru Tetap Yayasan |
9 |
17,65 % |
Guru Bantu (GB) |
5 |
9,80 % |
Guru Tidak Tetap Yayasan |
34 |
66,67 % |
Guru Negeri (DPK) |
3 |
5,88 % |
Total |
51 |
100 % |
3. Jumlah Tenaga Non Guru Berdasarkan Kualifikasi
Kualifikasi |
Jumlah |
Persen |
Sarjana (S-1) |
1 |
8,33 % |
Sarjana Muda (D-III) |
– |
– |
Diploma II (D-II) |
– |
– |
Diploma I (D-I) |
– |
– |
SLTA |
8 |
66,67 % |
SR |
3 |
25,00 % |
Total |
12 |
100 % |
4. Jumlah Tenaga Non Guru Berdasar Status
Kualifikasi |
Jumlah |
Persen |
Tetap Yayasan |
1 |
8,33 % |
Tidak Tetap Yayasan |
11 |
91,67 % |
Negeri (DPK) |
– |
– |
Total |
12 |
100 % |
5. Jumlah Tenaga Non Guru Berdasar Jenis Pekerjaan
Jenis Pekerjaan |
Jumlah |
Tata Usaha atau Administrasi |
5 |
Pustakawan |
2 |
Laboran |
– |
Teknisi |
– |
Kebersihan |
3 |
Keamanan |
2 |
Lainnya |
– |
Total |
12 |
J. SARANA PRASARANA
1. Jumlah Ruang Kelas
Kondisi Ruang Kelas |
Jumlah |
Persen |
Baik |
23 |
|
Rusak Ringan |
|
|
Rusak Berat |
|
|
Total |
23 |
|
2. Perpustakaan
Jenis Buku |
Jumlah |
Persen |
Buku Pelajaran |
6.105 |
|
Buku Penunjang |
147 |
|
Buku Bacaan |
623 |
|
Total |
6.875 |
|
Luas Perpustakaan : 8 x 14 m
3. Lapangan Olah Raga
Jenis Lapangan |
Jumlah |
1. Sepak Bola |
1 |
2. Bola Volly |
1 |
3. Tenis Meja |
1 |
4. Lompat Jauh |
1 |
5. Lompat Tinggi |
1 |
4. Laboratorium dan Ruang Praktek
Jenis Ruang |
Luas (m2) |
Kondisi & Pemanfaatan |
1. Lab Komputer |
7 x 8 m |
Baik |
2. Lab. Multimedia |
7 x 8 m |
Baik |
3. Lab. IPA |
7 x 8 m |
Baik |
4. Lab Internet |
7 x 8 m |
Baik |
5. Lab Bahasa |
7 x 8 m |
Baik |
6. R. Ket. Kesenian |
7 x 4 m |
Baik |
7. R. Ket. Elektronika |
7 x 8 m |
Baik |
8. R. Ket. Menjahit |
7 x 8 m |
Baik |
9. R. Ket. Seni musik |
4 x 7 m |
Baik |
BAGIAN III
SDM
A. ORGANISASI
1. Struktur Organisasi
BK/ Wali Kelas |
KEPALA SEKOLAH
Drs. Kasiman |
KOMITE SEK.
Drs. Sarsidi,M.M |
WAKASEKUM
Drs. Hartadi |
KEPALA TU
Drs. Syamsul B. |
SIE.KURIKULUM
1. Suyono 2. Sumargo,SPd |
SIE KESISWAAN
1. Izudin JP,SPd 2. Triyono,SPd |
SIE SARPRAS
1.Drs.Muqorobin 2. Sudarman |
SIE HUMAS
Drs. Hartadi |
A SISWA |
LITBANG Ngatman,S.Pd |
B. DAFTAR GURU DAN KARYAWAN
NO. |
NAMA |
JABATAN/TUGAS/MENGAJAR |
1. |
DRS KASIMAN |
KEPSEK , |
2. |
DRS. HARTADI |
WAKASEK , HUMAS, PPKN |
3. |
NGATMAN |
LITBANG, MATEMATIKA, KOPERASI |
4. |
DRS. SYAMSUL B. |
KATU , BAHASA JAWA |
5. |
IZUDIN JP,SPD |
SARPRAS, BIOLOGI |
6. |
SUYONO |
KURIKULUM, EKONOMI |
7 |
DRS. MUQOROBIN |
SARPRAS, AQIDAH AHKLAQ , AL QUR’AN HADITS |
8. |
SANDIYA |
MATEMATIKA |
9. |
SRI PURWANTO,SPd |
PERPUSTAKAAN , BAHASA INDONESIA |
10. |
SUMARGO,SPD |
WAKIL KURIKULUM , FISIKA |
11. |
DRA ASUNG RAHAYU |
MATEMATIKA |
12. |
SRI PURWANTI,SPd |
BAHASA INDONESIA |
13 |
KUSMIYATI,SPD |
PENJASKES |
14. |
AHMAD GUNAWAN |
GEOGRAFI |
15. |
SUNARDI |
FISIKA, KESENIAN |
16. |
SUDARMAN |
WAKIL SARPRAS, ELEKTRONIKA |
17. |
DRS. SURADI |
NAHWU-SOROF |
18. |
TRIYONO, SPd. |
WAKIL HUMAS , PPKN, EKONOMI |
19. |
SRI SUDALSIH, SPd |
SEJARAH |
20. |
RINI RAHMAWATI, SPd |
FISIKA, KERTANG |
21. |
SURATMAN,B.A. |
KA. ASRAMA/PEMBINA |
22. |
AHMAD THAMRIN,BA |
AL QUR’AN HADITS |
23. |
ARIF HARTONO,S.Thi |
MUHADATSAH |
24. |
PURWANTO, Sag |
FIKHIH |
25. |
MAHMUD YUNUS |
MUHADATSAH |
26. |
SAHIRUL ALIM,S.Thi |
MUHADATSAH |
27. |
WAGIMIN |
PERPUSTAKAAN, AL QUR’AN HADITS , FIKIH |
28. |
FAJRIYAH KUMALA S,S.Pd |
CONVERSATION |
29. |
SULARSI,SPd |
MATEMATIKA |
30. |
SUBAKIR,SPd |
BAHASA INDONESIA |
31. |
AFIFAH VIOLET,Amd |
BAHASA INGGRIS |
32. |
WARITO ADI N,S.E. |
KOMPUTER/TIK |
33. |
SITI NURJANAH,SPd |
BIOLOGI |
34. |
MUSLIHAH NUR H,SPd |
EKONOMI |
35 |
NURJANAH |
TATA BUSANA |
36 |
METRI HANDAYANI |
MUHADATSAH/TARIKH |
37 |
SHODIQ PURNOMO |
PENJASKES |
38 |
BUDI SANTOSA,SPd |
MATEMATIKA |
39 |
SURATMAN,SPd |
BAHASA INDONESIA |
40 |
LATIFAH HS,SS |
SEJARAH |
41 |
RASMAWATI HAMIDAH |
CONVERSATION |
42 |
SITI YULAIKHA, SPd |
KERTANGKES |
43 |
BUNGKUS UMOYO S, S.Sn |
BHS JAWA, KESENIAN |
44 |
SUNARSIH |
TIK |
45. |
SARIJO,S.Ag |
BK |
46. |
DYAH ARI K,SPsi |
BK |
47. |
LUSIANA W,SPd |
BK |
48. |
ARIN SUKRESNO |
COVERSATION |
49. |
SUDARSO,S.Pd |
BAHASA INGGRIS |
50. |
ZAINAL ARIFIN |
BAHASA INGGRIS |
51. |
SLAMET SUSILO,S.Ag |
AQIDAH AKHLAQ |
52. |
MULYOTO,SE |
Ka TU |
53. |
SITI NURUL AMINAH |
TU |
54. |
SRI SUMARSIH |
PERPUSTAKAAN |
55. |
SARDI |
TU |
56. |
NGATMI |
PERPUSTAKAAN |
57. |
WARSIDI |
TU |
58. |
M. AFFANDI |
KARYAWAN KOPERASI |
59. |
MUHROJI |
PETUGAS UKS |
60. |
SARNO |
KEBERSIHAN |
61. |
ISWADI |
SATPAM |
62. |
ANTON SUSANTO |
SATPAM |
63. |
MARIMIN |
SATPAM |
64. |
ADI LASIMAN |
PENJAGA |
65 |
SUYADI |
KARYAWAN KOPERASI |
66. |
TUKIYO |
KARYAWAN |
67 |
MARDANI |
KEBERSIHAN |
6. Susunan Komite Sekolah
No. |
Nama |
Jabatan |
Unsur |
1. |
Drs. Heru Siswanto |
Nara Sumber |
Sie Pendidikan Yayasan |
2. |
Drs. Sarsidi, M.M. |
Ketua I |
Tokoh Pendidikan |
3. |
Drs. Samino |
Ketua II |
Tokoh Masyarakat |
4. |
Tukiman,SPd |
Sekretaris I |
Orang tua siswa |
5. |
Izudin JP,SPd |
Sekretaris II |
Guru |
6. |
Drs. Sukardi |
Bendahara I |
Tokoh Pendidikan |
7. |
Mulyoto,S.E. |
Bendahara II |
Karyawan |
8. |
Drs. Hartadi |
Anggota |
Guru |
9. |
Drs. Syamsul Bahri |
Anggota |
Guru |
10. |
Kusbanun |
Anggota |
Orang tua siswat |
11. |
Ir. Muh. Wagiyo |
Anggota |
Tokoh Masyarakat |
BAGIAN IV
PROGRAM PENDIDIKAN
A. PROGRAM SEKOLAH SEHARI (ONE DAY SCHOOL)
I. STRUKTUR KURIKULUM
Komponen |
Kelas dan Alokasi Waktu |
|||||
VII |
VIII |
IX |
||||
Reguler |
Khusus |
Reguler |
Khusus |
Reguler |
Khusus |
|
A. Mata Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
1. Pendidikan Agama a. Al Qur’an Hadits b. Aqidah Akhlaq c. Fiqih d. Tarih |
2 2 2 2 |
2 1 2 1 |
2 2 2 2 |
2 1 2 1 |
2 2 2 2 |
2 1 2 1 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4. Bahasa Inggris |
5 |
4 |
5 |
4 |
5 |
4 |
5. Matematika |
5 |
6 |
5 |
6 |
5 |
6 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
4 |
8. Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
10. Ket/ Teknologi Infor- masi Dan Komunikasi |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
B. Muatan Lokal 1. Bahasa Jawa 2. Elektonika / Tata Busana 3. Bahasa Arab 4. Conversation |
2
2 3 – |
2
– 4 2 |
2
2 3 – |
2
– 4 2 |
2
2 3 – |
2
– 4 2 |
C. Pengembangan Diri 1. Pelayanan Konseling 2. Ekstrakurikuler |
1*) 2**) |
1*) 2**) |
1*) 2**) |
1*) 2**) |
1*) 2**) |
1*) 2**) |
Jumlah |
45 |
45 |
45 |
45 |
45 |
45 |
1*) Diberikan secara intrakurikuler
2**) Ekuivalen 2 jam pembelajaran
B. RUANG PENUNJANG KBM
Untuk menunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar dikelas didukung dengan sarana dan prasarana penunjang antara lain :
1. Laboratorium IPA
Laboratorium IPA SMP MTA Gemolong dibangun awal tahun ke 4 dari berdirinya tepatnya tahun pelajaran 1996/1997. Bangunan laboratorium berukuran 7 m x 12 m terdiri dari ruang kerja/prkatek 7 m x 10 m dan ruang penyimpanan alat 2 m x 7 m. Model bangunan sesuai dengan standart Lab untuk tingkat SMP. Laboratorium tersebut digunakan untuk praktikum Biologi dan Fisika.
2. Ruang Perpustakaan
Perpustakaan SMP MTA Gemolong menempati ruang 8 m x 9 m, di lantai II. Dengan perpustakaan ini , diharapkan dapat menunjang keberhasilan proses belajar-mengajar sebagai sumber informasi, sumber inspirasi, memperluas cakrawala bagi seluruh civitas akademika. Untuk menunjang tujuan tersebut setiap tahun pihak sekolah berusaha mengalokasikan dana tertentu guna pengadaan buku-buku, baik buku penunjang KBM maupun pengetahuan umum.
3. Ruang Keterampilan Elektronika dan Tata Busana
Untuk memberi bekal keterampilan elektronika dan tata busana SMP MTA Gemolong pada tahun ke dua yaitu tahun 1994/1995 melengkapi sarana dan prasarana dengan membangun ruang keterampilan elektronika dengan ukuran 7 m x 8 m yang dilengkapi dengan alat-alat praktek, komponen-komponen dan almari penyimpanan hasil karya siswa.
Praktek elektronika dilaksanakan di pagi dan sore hari saat jam keterampilan elektronika dan sore hari pada waktu kegiatan ekstrakurikuler. Hasil yang telah dibuat antara lain : adoptor, lampu flip-flop, bel elektrik, radio, amplifier, tape recorder dan lain-lain
Sedang ruang keterampilan tatabusana pembangunan ruangnya baru pada tahun 2003/2004 dengan ukuran 7 m x 8 m yang dilengkapi 24 mesin jahit dan peralatan yang lain.
Praktek tata busana dilaksanakan di pagi dan sore hari saat jam keterampilan tata busana dan sore hari pada waktu kegiatan ekstrakurikuler. Hasil yang telah dibuat antara lain : hem, rok, kulot, daster.
4. Ruang Seni
Untuk menyalurkan bakat seni yang dimiliki para siswa pada tahun 2002/2003 SMP MTA Gemolong menambah satu ruang seni berukuran 4 m x 7 m, dengan silengkapi seperangkat alat antara lain : 1 set drum, 1 gitar akuistik, 1 gitar bass elektrik, 1 gitar ritmis elektrik, 1 gitar akuistik, 1 ketipung, 1 keybord, 1 okolele, 1 sound control dan 1 ring bel.
5. Laboratorium Komputer
Mulai tahun 2002/2003 telah dibangun datu ruang Lab. Komputer dengan ukuran 7 m x 9 m dengan dilengkapi 24 unit komputer. Dengan adanya Lab Komputer ini diharapkan menambah keterampilan dan wawasan dalam hal penggunaan komputer serta menunjang lancarnya kegiatan KBM bidang studi TIK.
6. Ruang Multi Media
Kelengkapan sarana sekolah akan menunjang keberhasilan siswa dalam proses untuk menjadikan mereka memiliki pemahaman yang luas dan keterampilan yang memadahi Multi Media adalah salah satu sarana alternative yang berguna bagi siswa dalam menjalani proses belajar mengajar.
Belajar menggunakan multi media akan merangsang siswa untuk belajar. Siswa bias belajar dengan cara lebih menyenangkan dan mereka mendapatkan hal-hal baru. Apalagi dengan dukungan piranti lunak (soft ware) yang sekarang mulai dipergunakan secara luas di dunia pendidikan
7. Koperasi
Untuk meningkatkan kesejahteraan (mencukupi kebutuhan) guru dan karyawan serta siswa SMP MTA Gemolong mendirikan Koperasi Guru dan Karyawan pada tanggal 11 Agustus 1994 dengan nama “KOPERASI ATH THOYYIB” dengan beranaggotakan 40 orang.
Koperasi di sekolah ini hanya untuk memudahkan penyebutan sebagai usaha bersama. Adapun usahanya meliputi :
a. Pertokoan
b. Simpan pinjam
c. Foto copy
d. Jastel
8. UKS
UKS SMP MTA Gemolong bekerja sama dengan Puskesmas Gemolong I. Pada awalnya anak diantar ke Puskesmas, karena jumlah anak-anak yang sakit banyak kemudian petugas Puskesmas seminggu sekali mengadakan kunjungan ke SMP MTA Gemolong.
Dalam perjalanannya UKS SMP MTA juga menjalin kerjasama denganBalai Pengobatan MTA Surakarta untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa yang sakit baik pada waktu di sekolah maupun di asrama, dengan dikirim seorang dokter dan mantra kesehatan.
BAGIAN V
PEMBINAAN KESISWAAN
A. KEGIATAN
1. Organisasi Siswa Intra Sekolah
Organisasi Siswa Inra Sekolah (OSIS) merupakan satu-satunya oraganisasi siswa di sekolah sebagai sarana Pembina bidang kepemimpinan dan berorganisasi, serta sebagai sarana untuk menyalurkan bakat, kreatifitas siswa, kemandirian dan tanggungjawab. Di SMP MTA Gemolong mempunyai struktur yang unik disbanding sekolah lain yaitu struktur pengurus OSIS putra sendiri untuk putri sendiri. OSIS SMP MTA Gemolong ini terdiri dari delapan bidang dan disahkan oleh kepala sekolah.
Bidang-bidang pembinaan OSIS terdiri dari :
a. Peningkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Peningkatan kehidupan berbangsa dan bernegara
c. Pendidikan pendahuluan bela Negara
d. Pembentukan kepribadian dan budi pekerti yang luhur
e. Pendidikan berorganisasi dan kepemimpinan
f. Peningkatan keterampilan dan kewirausahaan
g. Peningkatan kesegaran jasmani dan rekreasi
h. Pengembangan presepsi, apresepsi dan kreasi seni
2. Ekstrakurikuler
Untuk menyalurkan dan mengembangkan daya kreasi, daya imajinasi, keterampilan maupun kecakapannya sesuai dengan bidang yang diminati, SMP MTA Gemolong menyelengagrakan kegaitan ekstrakurikuler dengan bermacam-macam jenis :
a. Jenis/Cabang Kegiatan Ekstrakurikuler
Jenis/cabang kegaitan ekstrakurikuler dapat digolongkan menjadi :
1) Olah raga
a) Bela diri
b) Sepak bola
c) Bulu tangkis
d) Bola basket
e) Tenis meja
f) Bola volli
2) Pengetahuan Umum
a) Praktek IPA
b) Matematika
c) Fisika
d) Pramuka
3) Keterampilan
a) Elektronika
b) Sablon
c) Menjahit
d) Keputrian
4) Kesenian : Drum band dan unsamble musik
3. Kepramukaan
Pramuka merupakan salah satu wadah pendidikan berorganisasi penggemblengan fisik, mental dan keterampilan yang telah dilaksanakan sejak SMP MTA Gemolong berdiri, untuk bekal para siswa dalam hidup bermasyarakat. Sejak SMP MTA gemolonmg berdiri selalu mengikuti perkemahan di tingkay kecamatan dalam rangka memperingati Hari Pramuka Nasional dengan prestasi yang membanggakan, sering menjadi juara umum.
Pada tanggal 2 – 4 Juli 2001 pramuka SMP MTA mengadakan kemah bakti di kecamatan Kemusu Boyolali, kegiatannya antara lain : pertandingan sepakbola persahabatan antara siswa dengan pemuda setempat, guru dan karyawan dengan karang taruna, pembagian paket sembako, kerja bakti memperbaiki jalan dan ditutup dengan pengajian umum.
Pada tanggal 28 – 30 Juni 2002 pramuka SMP MTA Gemolong juga mengadakan kemah bakti di desa Wonoharjo, kecamatan Kedungombo, Kabupaten Boyolali, kegiatannya anatar lain : pertandingan sepakbola persahabatan antara siswa dengan pemuda setempat, guru dan karyawan dengan karang taruna, pengobatan missal, pembagian paket sembako, membersihkan lingkungan masjid dan ditutup dengan pengajian umum.
Pada tanggal 25 – 29 Maret 2002 pramuka SMP MTA Gemolong mengikuti lomba LT III di bumi perkemahan Kyai Srenggi dan mendapat juara harapan I.
4. SAPALA
Sebagai wadah kegiatan siswa dalam upaya cinta terhadap lingkungan diberikan suatu kelompok kegiatan dengan nama Santri Pecinta Alam dengan disingkat SAPALA. Adapun kegiatannya meliputi antara lain : Kebersihan lingkungan, kemah, pendakian gunung dan lain-lain.
B. PRESTASI YANG PERNAH DICAPAI SEKOLAH
1. Prestasi Siswa
a. Akademik
No |
Nama Siswa/Tim |
Jenis Kejuaraan |
Juara |
Tingkat |
Tahun |
1. |
Afi Atika Saputri |
Siswa Teladan |
I Pi |
Kab. Sargen |
22 Jun 99 |
2. |
M. Anis Syafi’i |
Siswa Teladan |
I Pa |
Kab. Sargen |
22 Jun 99 |
3. |
Haris Rahma Nedra |
Siswa Teladan |
II Pa |
Kab. Sargen |
20 Jun 00 |
4. |
Irma Puspitasari |
Siswa Teladan |
I Pi |
Kab. Sargen |
1 Sept 01 |
5. |
Ester Septiary LW |
Pidato Bhs Inggris |
III |
Kab. Sargen |
8 Agst 02 |
6. |
Intan Hadiah Rastiti |
Gemar Baca tulis |
III Pi |
Nasional |
27 Apr -2 Mei 03 |
7. |
Team cerdas cermat |
Cerdas Cermat MIPA |
II & Harp I |
Kodya |
13 Des 05 |
b. Prestasi Olah Raga
No |
Nama Siswa/Tim |
Jenis Kejuaraan |
Juara |
Tingkat |
Tahun |
1. |
Regu SMP MTA |
Gerak jalan HUT RI 49 |
III |
Kec. Gemolong |
9 Agst 94 |
2. |
Parmono Subagyo |
Tenis meja HUT RI 49 |
I |
Kec. Gemolong |
10 – 11 Agst 94 |
3. |
Parmono Subagyo |
Tenis meja HUT RI 50 |
II |
Kec. Gemolong |
12 – 13 Agst 95 |
4. |
Regu SLTP MTA |
Gerak jalan 10K 28 TA |
Harp. I |
Kodya SKA |
8 Juni 00 |
5. |
Tim Sepak Bola |
PORDA Kab. Sragen |
II |
Kab. Stagen |
6 Agst 02 |
6. |
Team Bulu tangkis |
MTA 28 th |
III |
Kodya SKA |
2002 |
7 |
Team Gerak jalan |
Gerak jalan HUT RI 60 |
II |
Kec. Gemolong |
10 Sept 04 |
8 |
Team Sepak bola |
Sepak bola |
I |
Kec. Mondokan |
10 Agst 05 |
9 |
Team Senam |
Senam ayo bersatu |
I |
Kec. Gemolong |
10 Sept 05 |
10. |
Team Gerak jalan |
Gerak jalan HUT 61 |
II & III |
Kec. Gemolong |
12 Agst 06 |
c. Prestasi Agama
No |
Nama Siswa/Tim |
Jenis Kejuaraan |
Juara |
Tingkat |
Tahun |
1. |
Syahri Kurniawan |
Lomba Mubaligh cilik |
II |
Kodya SKA |
30 Des 99 |
2. |
Regu putra |
Cerdas Cermat Agama |
III |
Kodya SKA |
30 Des 00 |
d. Prestasi Seni Budaya
No |
Nama Siswa/Tim |
Jenis Kejuaraan |
Juara |
Tingkat |
Tahun |
1. |
Pono Anggo J. |
Penyanyi terbaik, tari mincing |
Terbaik |
Kodya SKA |
21 Mar 99 |
2. |
Pono Anggo J. |
Festival Dalang Cilik th 99 |
Terbaik |
Jakarta |
23 Okt 99 |
3. |
Pono Anggo J. |
Festival Dalang Remaja |
II |
Jateng |
18 Nop 00 |
4. |
Pono Anggo J. |
Mocopat BSF 2000 |
I |
Kodya SKA |
20 Nop 00 |
5. |
Team |
Sepeda hias |
III |
Kec. Gemolong |
20 Agst 05 |
6. |
Team |
Pembuatan Mading |
II |
Kodya SKA |
10 Des 05 |
e. Prestasi Pramuka
No |
Nama Siswa/Tim |
Jenis Kejuaraan |
Juara |
Tingkat |
Tahun |
1. |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
I |
Kec. Gemolong |
12 – 14 Agst 93 |
2. |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
I |
Kec. Gemolong |
12 – 14 Agst 95 |
3. |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
III |
Kec. Gemolong |
12 – 14 Agst 96 |
4. |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
Umum |
Kec. Gemolong |
12 – 14 Agst 99 |
5. |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
II Pa |
Kec. Gemolong |
12 – 14 Agst 01 |
6. |
Regu putra |
Lomba PBB Tekpran (simapor) |
I |
Kec. Gemolong |
3 Pebr 02 |
7 |
Regu putra |
LT III 2002 |
III |
Kab. Sragen |
23 – 27 Apr 02 |
8 |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
I |
Kec. Gemolong |
13 – 14 Agst 03 |
9 |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
I |
Kec. Gemolong |
13 – 14 Agst 04 |
10. |
Regu putra |
Perkemahan Hari Pramuka |
II |
Kec. Gemolong |
13 – 14 Agst 05 |
11. |
Regu putra |
PMR |
1,2,3 |
Kab. Sragen |
Sept 05 |
2. Prestasi Guru
No |
Nama Guru/Tim |
Jenis Kejuaraan |
Juara |
Tingkat |
Tahun |
1. |
PB SLTP MTA |
PORNAS MTA 28 th |
III |
Kodya SKA |
28 Sep 00 |
2. |
Sekolah |
Lomba Sekolah Sehat |
I |
Kec. Gemolong |
1 Agst 00 |
3. |
Widodo,SPd |
Lomba Pidato Bhs Inggris |
II |
Kab. Sragen |
10 Agst 02 |
4. |
Team |
Gerak jalan 10 KM HUT RI 59 |
I |
Kec. Gemolong |
14 Agst 04 |
5. |
Team |
Gerak jalan 10 KM HUT RI 60 |
II |
Kec. Gemolong |
11 Agst 05 |
6. |
Team |
Gerak jalan HUT RI 61 |
II |
Kec. Gemolong |
12 Agts 06 |
BAGIAN VI
ASRAMA
A. PENGANTAR
SMP MTA Gemolong merupakan SMP yang memadukan kurikulum DEPDIKNAS dan DINIYAH dengan system pembelajaran FULL DAY SCHOOL.
Siswa SMP MTA Gemolong bukan hanya dari lingkungan wilayah Gemolong, namun berasal dari berbagai daerah di Eks Karisidenan Surakarta dan kota lain bahkan dari kota-kota besar dan luar Jawa ( sumatera, Kalimantan, Sulawesi, NTB, Bali, Irian).
Untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat luas agar dapat mengikuti program pendidikan di SMP MTA Gemolong ini maka yayasan menyiapkan asrama.
1. Jadwal Kegiatan Santri
No. |
Jam |
Kegiatan |
1. |
03.30 – 04.30 |
Bangun tidur, sholat, persiapan sholat Shubuh |
2. |
04.30 – 05.30 |
Sholat Shubuh dilanjutkan pengisian ba’da Shubuh |
3. |
05.30 – 07.00 |
Persiapan sekolah |
4. |
07.00 – 14.30 |
Sekolah |
5. |
15.00 – 15.30 |
Sholat ‘Asar |
6. |
15.30 – 17.00 |
Istirahat/Kegiatan umum |
7. |
17.00 – 17.30 |
Persiapan sholat Maghrib dan tadarus |
8. |
17.30 – 19.00 |
Sholat Maghrib dan tadarus Al Qur’an |
9. |
19.00 – 19.30 |
Sholat Isya’ dan persiapan belajar |
10. |
19.30 – 21.15 |
Belajar malam |
11. |
21.15 – 22.00 |
Persiapan tidur |
12. |
22.00 – 03.30 |
Tidur |
2. Jenis-jenis Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan di asrama SMP MTA Gemolong antara lain ;
a. Qiroatul Qur’an
Dilaksanakan secara umum, setelah sholat maghrib, bagi santri (siswa) yang belum lancer dalam membaca Al Qur’an dibina secara khusus oleh anggota Astra/Astri.
b. Kajian Umum
Untuk mendidik para santri agar memiliki keimanan dan akhlaqul karimah, tiap seminggu sekali diadakan pengajian klasikal yang diisi oleh ustadz-ustadz dari SMP MTA Gemolong, materinya antara lain : ketauhidan, akhlaqul karimah dan syariah.
c. Isian Ba’da Shubuh
Antara lain berupa Muhadatsah, conversation, yang dilaksanakan di sekolah, sedangkan di mushola diisi dengan tarikh, hafalan doa, hafalan surat pendek.
d. Tahfidzul Qur’an
Bagi santri yang mempunyai kemampuan menghafal AL Qur’an dibina secara khusus untuk menghafalkan AL Qur’an yang dilaksanakan pada hari Jum’at pagi.
e. Conversation
Untuk memperkaya kemampuan bahasa Inggris diadakan conversation yang dilaksanakan ba’da shubuh bertempat di sekolah
f. Olah Raga
Agar para santri tetap terjaga kesehatannya diadakan olah raga yang dilaksanakan pada hari Minggu pagi dan sore hari setelah sholat ‘Asar.
g. Seni
Untuk menyalurkan bakat seni para santri diberikan kesempatan untuk bermain musik, drama dan baca puisi.
h. Al Jihad
Kegiatan kaderisasi dan meningkatkan profesionalisme dalam berpidato dengan mendidik mental, jiwa, hati dan dedikasi santri. Yang dilaksanakan tiap malam Minggu bertempat di kelas
i. Al Ihya’
Pengembangan kemampuan bahasa Arab secara insentif yang dilaksanakan di asrama setip pagi setelah kegiatan ba’da Shubuh
j. Bakti sosial
Tinggalkan Balasan